10 Cara Menabung Bagi Mahasiswa Bisa Hemat Uang Jajan dari Ortu

Estimated read time 4 min read

Mengetahui bagaimana cara menabung bagi mahasiswa menjadi hal penting, terutama jika masih mengandalkan uang jajan dari orang tua. Agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan, biasanya mahasiswa mengandalkan kiriman dari orang tua.

Namun, bagaimana jika ada batasan yang diberikan orang tua setiap bulannya. Maka, uang jajan yang terbatas harus bisa dibagi dengan baik agar bisa memenuhi kebutuhan mahasiswa, terutama jika merantau.

10 Langkah atau Cara Menabung Bagi Mahasiswa yang Efektif

Agar bisa memiliki dana darurat yang digunakan memenuhi kebutuhan selama kuliah di perguruan tinggi, mahasiswa perlu berhemat agar uang kiriman orang tua bisa bertahan dan tidak melulu minta kiriman. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan agar bisa berhemat dan menabung dari uang jajan bulanan:

  1. Tentukan Tujuan Keuangan

    Cara menabung bagi mahasiswa yang pertama adalah menentukan tujuan keuangan jangka panjang dan pendek. Misalnya memiliki tujuan agar bisa membayar biaya skripsi di akhir masa kuliah, maka sudah mulai menyisihkan uang dari semester awal. Buatlah tujuan atau perencanaan berapa dana dibutuhkan untuk kegiatan tersebut dan anggaran disisihkan setiap bulannya. Karena ada tujuan, bisa lebih semangat menyisihkan uang jajan.

  2. Sisihkan Uang Sebelum Digunakan

    Masalah besar banyak mahasiswa adalah tidak mengatur dengan baik uang jajannya sehingga belum akhir bulan sudah habis. Jangankan menabung, untuk biaya hidup sebulan saja tidak tercukupi.

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyisihkan dana bulanan sebelum digunakan. Misalnya mendapatkan kiriman Rp5 juta per bulan, bagi sesuai kebutuhan. Contohnya Rp500 ribu untuk bayar kos, Rp2 juta untuk keperluan harian. Lalu Rp1 juta untuk kebutuhan tugas dan lainnya, sedangkan sisanya dipakai untuk jajan dan menabung.

  3. Jangan Sepelekan Recehan

    cara menabung bagi mahasiswa berikutnya adalah memastikan bahwa Anda tidak menyepelekan uang receh kembalian saat belanja. Ada baiknya recehan yang didapatkan dikumpulkan ke dalam celengan sehingga bisa jadi dana darurat.

  4. Gunakan Celengan Unik untuk Menabung

    Menabung memang butuh penyemangat, salah satunya adalah dengan membeli celengan unik. Celengan unik dengan bentuk yang disukai akan membuat semangat untuk menyisihkan uang setiap harinya.

    Bisa menggunakan celengan dengan angka atau memilih bentuk unik. Bisa juga membuatnya dari barang bekas. Pilih saja opsi yang cocok dan disukai agar memberikan perasaan senang saat menabung.

  5. Pikirkan Masak-masak Sebelum Membelanjakan Uang

    Berikutnya dalam cara menabung bagi mahasiswa adalah memastikan agar tidak implusif dalam membelanjakan uang. Pastikan sudah memikirkan masak-masak sebelum membelanjakan dana kiriman ortu.

    Terutama apabila ingin membeli benda dengan harga mahal. Misalnya, ingin membeli laptop, maka pastikan untuk membeli karena benar-benar butuh. Selain itu, pastikan survey dulu beberapa produk agar bisa mendapatkan produk terbaik saat membeli.

  6. Kurangi Nongkrong

    Nongkrong dalam kehidupan mahasiswa memang sesuatu yang biasa dilakukan. Bahkan ada yang menghabiskan setiap waktu di luar jam kuliah untuk nongkrong, bisa di kafe atau berbagai tempat lainnya.

    Salah satu cara menabung bagi mahasiswa adalah dengan mengurangi nongkrong. Sebab setiap kali nongkrong pasti akan keluar biaya untuk beli makanan dan minuman, ongkos bensin, biaya parkir, serta pengeluaran lain. Bukan berarti tidak boleh nongkrong, tapi lakukan sejarang mungkin. Misalnya hanya sebulan dua kali.

  7. Buat Catatan Pengeluaran

    Selanjutnya hal yang bisa dilakukan untuk bisa menabung dan berhemat adalah membuat catatan pengeluaran. Jadi, setiap pengeluaran harus dimasukkan ke dalam catatan. Dengan cara menabung bagi mahasiswa, bisa mengetahui ke mana saja dana kiriman ortu digunakan. Setelah sebulan baca lagi setiap pengeluaran tercatat tersebut, kemudian pos-pos yang tidak terlalu penting bisa dihapus pada bulan berikutnya.

  8. Biasakan Menabung Tiap Hari

    Anda juga harus membiasakan menabung setiap hari, meskipun hanya recehan, tetap jadikan kegiatan mengisi celengan sebagai kegiatan teratur. Maka, nantinya bisa menjadi kebiasaan baik.

  9. Bawa Bekal dari Rumah

    Cara menabung bagi mahasiswa berikutnya dengan melakukan penghematan dari segi berbelanja. Salah satunya menghemat jajan di luar saat lapar. Agar bisa hemat, bawa saja bekal dari rumah.

    Misalnya, membawa air minum dengan botol isi ulang, membawa camilan di kotak bekal, dan lain sebagainya. Sebab salah satu pengeluaran terbesar mahasiswa adalah untuk jajan, baik makan di luar atau beli camilan dan minuman kekinian.

  10. Manfaatkan Promo dan Diskon saat Belanja

    Cara menabung bagi mahasiswa yang terakhir adalah memanfaatkan promo serta diskon saat berbelanja. Sebagai contoh ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari, cobalah ambil produk yang sedang diskon. Namun, jangan tertipu dengan promo supermarket maupun minimarket. Sebelum beli pastikan tahu harga ecerannya terlebih dahulu.

    Jadi, promonya benar-benar membantu berhemat bukan malah bikin boncos isi dompet. Selain itu, pastikan untuk mengurangi pembelian barang-barang kurang penting. Meskipun sedang diskon, tapi jika masih punya stoknya atau tidak terlalu dibutuhkan maka tidak perlu beli dulu.

Kebutuhan mahasiswa tidak pernah sedikit, terutama jika hidup di perantauan. Mulai dari biaya kos hingga membeli berbagai barang keperluan sehari-hari. Namun, bukan berarti mustahil bagi mahasiswa untuk menabung.

More From Author