Esport Tak Hanya Menghibur Tetapi Juga Memiliki Manfaat
Banyak orang menganggap jika esport sama dengan game yang lain. Padahal, Esport atau singkatan dari Electronic Sport telah menjadi cabang olahraga yang baru dan mendapatkan perhatian luas tidak hanya di... Read more »
Banyak orang menganggap jika esport sama dengan game yang lain. Padahal, Esport atau singkatan dari Electronic Sport telah menjadi cabang olahraga yang baru dan mendapatkan perhatian luas tidak hanya di Indonesia melainkan juga di berbagai belahan bumi di dunia. Di Indonesia, Esport mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Turnamen yang dulunya dipandang sebelah mata ini kini menjadi tren yang disukai kalangan milenial. Menariknya lagi, pertandingan Esport menjadi bagian dari kompetisi olahraga bergengsi yang dilakukan di beberapa negara seperti Jepang dan Singapura. Esport juga kini mulai diminati banyak orang bahkan dijadikan sebagai salah satu profesi yang mampu  mendatangkan penghasilan jutaan di tiap bulannya. Dapat dikatakan jika kini menjadi atlet dari Esport merupakan mimpi semua gamers di dunia. Esport sebenarnya tidak hanya memberikan kesenangan atau bahkan dijadikan sebagai salah satu profesi yang menjanjikan penghasilan saja, tetapi ada banyak manfaat yang akan didapatkan para pemain. Jadi, untuk kamu yang belum mengetahui apa saja manfaat dari Esport ini, simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Esport Buat Para Pemain

Tidak dapat dipungkiri jika banyak masyarakat awam yang menganggap Esport sebagai kegiatan yang hanya membuang waktu saja. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan apabila menjadi salah seorang atlet Esport Indonesia. Pertama, Esport dapat membantu menghilangkan kepenatan bahkan stres. Meski titel dari Esport lebih tinggi dibandingkan gaming pada umumnya, tapi fungsi dari Esport tetap tidak jauh berbeda yakni menjadi salah satu hiburan yang dapat menghilangkan kepenatan bahkan stres. Jika kamu merasa penat sebab melakukan pekerjaan yang super padat bahkan setiap hari harus pusing karena dikejar-kejar deadline, kamu bisa mendapatkan kesenangan ketika bermain game Esport. Meski game ini ada kalanya membuat para pemain harus memutar otak untuk dapat menemukan strategi yang tepat supaya bisa mengalahkan pemain lawan. Selain itu, Esport dipercaya  dapat meningkatkan kesehatan. Meski terdengar tidak masuk akal sebab pemain Esport akan menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game tapi justru kegiatan ini membuat para pemaiin lebih rajin dalam menjaga staminanya supaya tetap prima. Ada banyak anggota Esport yang kini menjadi anggota juga di gym. Mereka dapat menghabiskan waktunya beberapa jam untuk melakukan olahraga di tempat gym. Mereka juga tidak mengonsumsi makanan yang sembarangan. Sama seperti altet di cabang olahraga yang lain, atlet untuk olahraga ini juga akan sangat menjaga makanan yang masuk ke tubuhnya. Mereka akan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat dan sodium yang tinggi. Mereka lebih memilih makan buah dan sayur. Mereka juga benar-benar menjaga pola tidur. Jadi tak heran jika gabung dengan Esport memberikan banyak manfaat salah satunya membuat tubuh jadi lebih sehat. Jika kamu berpikir bahwa atlet Esport hanya akan membuat orang-orang jadi antisosial, maka kamu salah besar. Karena hampir semua gamers Esport merupakan orang-orang yang ramah dan murah senyum. Bahkan mereka juga sadar bahwa teamwork yang kuat akan membuat mereka lebih mudah dalam memenangkan suatu pertandingan. Banyak games Esport yang permainannya berbasis multiplayer. Ini tentu akan mengharuskan games untuk saling berkoordinasi dengan semua pemain yang berada di tim yang sama. Ini tentu akan memberikan rasa kebersamaan sehingga sangat tidak benar jika ada anggapan bahwa atlet Esport adalah orang-orang yang antisosial.

Cara Bermain Game Tapi Tetap Sehat

Kecanduan game memang akan berbahaya untuk kesehatan. Karena itu, jika kamu menjadi salah seorang atlet Esport tentu kamu harus bisa mengatur waktu bermain game. Sebagai pemain yang sudah profesional bahkan menjadi altet Esport, bukan berarti kamu bisa menghabiskan seluruh waktu untuk bermain gamenya lagi dan lagi. Karena atlet yang sudah handal pasti tidak akan sembarangan dalam membuang waktu mereka. Bahkan banyak atlet Esport yang ternyata tidak terlalu gila dengan game sehingga mereka akan terus memainkannya lagi dan lagi. Jadi kamu harus bisa melakukan latihan tapi tetap tidak melupakan kewajiban. Misalnya dengan bermain dari jam 10 sampai jam 12. Dilanjutkan dengan makan siang, shalat dan istirahat sebentar. Baru lanjut bermain dan istirahat kembali. Jadi harus ada jedanya, tidak hanya bermain saja. Karena makan, shalat dan berdoa juga penting untuk semua pemain Esport. Biasanya latihan yang dilakukan di siang hari adalah untuk mengasah kemampuan individual. Sedangkan di malam hari difokuskan untuk latihan tim. Sedangkan waktu lain selain bermain tentu akan dibebaskan untuk melakukan kegiatan apapun yang disukai. Baru kemudian lanjut lagi melatih skill keesokan harinya. Jika ada yang beranggapan  menjadi atlet Esport memaksa kamu untuk terus bermain tanpa ingat waktu dan kewajiban, maka itu salah besar. Karena banyak atlet Esport yang sudah profesional sekalipun tidak membuang waktunya secara sembarangan hanya untuk bermain game saja.